Bersin Saudaramu, Kewajibanmu …

Oleh: Indah Juniasari T

“Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam: jika engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika ia mengundangmu maka datanglah, jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah nasihat, jika ia bersin lalu ia mengucapkan alhamdullilah maka doakanlah, jika ia sakit maka jenguklah, jika ia meninggal maka iringilah jenazahnya.” (HR Muslim)

***
Salah satu ibadah yang sering diremehkan oleh sebagian kaum muslim adalah menjaga adab-adab yang telah diajarkan oleh Islam. Ada dari adab-adab tersebut yang terkesan sepele.

Salah satu adab islami yang sudah banyak ditinggalkan kaum muslim adalah adab ketika bersin. Ketika bersin, banyak di antara kita yang tidak mengucapkan “alhamdullillah”. Mungkin itu disebabkan lupa atau tidak mengetahui keutamaannya.

***
dia berkata “God Bless U”

Siang tadi, saya pergi ke suatu mall untuk suatu keperluan. Pada saat berjalan menuju ke toilet, saya mendengar ada anak laki-laki yang bersin kemudian ibunya berkata “God Bless U”. Saya tersontak dan bertanya kepada teman saya, “apa kamu mendengarnya?”, dan dia mengiyakan. Saya dan teman saya terheran-heran sekaligus bertanya-tanya, “kalau mereka saja yang bukan orang muslim mengingat Tuhannya ketika bersin, lantas mengapa kebanyakan ummat Islam di negara kita justru sengaja membesarkan suara ketika bersin, atau bahkan ada yang menertawakan saudaranya ketika bersin?”.

Padahal, Allah mencintai orang-orang yang bersin.

***
KEUTAMAAN BERSIN

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin.” (HR Bukhari).

Bersin merupakan sesuatu yang disukai karena bersin dapat menyehatkan badan dan menghilangkan keinginan untuk selalu mengenyangkan perut, serta dapat membuat semangat untuk beribadah.

***
Ketika Bersin Hendaknya Kita …

> Merendahkan suara.
> Menutup mulut dan wajah.
> Tidak memalingkan leher.
> Mengeraskan bacaan hamdalah, walaupun dalam keadaan shalat.
> Membaca salah satu dari do’a-do’a dibawah ini:
1. Alhamdulillah
2. Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin
3. Alhamdulillah ‘ala kulli haal
4. Alhamdulillahi hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi, mubaarakan ‘alaihi kamaa yuhibbu Rabbuna wa yardhaa”.

***
Doakanlah Saudaramu Atas Bersinnya

Ketika ada seorang muslim bersin di dekat kita, lalu dia mengucapkan “alhamdullillah,” maka kita wajib mendoakannya dengan membaca “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu). Hukum menjawab ini adalah wajib bagi setiap orang yang mendengar seorang muslim yang bersin kemudian mengucapkan “alhamdullillah”. Setelah orang lain mendoakannya, orang yang bersin tadi dianjurkan untuk mengucapkan Yahdikumullah wa yushlih baalakum (mudah-mudahan Allah memberikan hidayah kepada kalian dan memperbaiki keadaan kalian).

***
Hayoo siapa yang masih suka ngetawain temannya saat bersin? Eh, atau kamu masih suka besarin volume bersinmu?

Yuk kita jadikan bersin kita sebagai ibadah, pahalanya dobel loh, untuk kamu dan si dia ^-^

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *