Statistika Bahasa Arab

STATISTIK BAHASA

Bahasa, selain merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk berhubungan dengan manusia lainnya, juga merupakan alat yang dipilih oleh Allah, tuhannya manusia sebagai perantara cahaya hidayah-Nya dalam bentuk Al-Quranul karim.

Al-Qur’an diturunkan menggunakan Bahasa Arab. Dalam Al-qur’an terdapat 10 ayat yang menyatakan bahwa Al-Qur’an diturunkan dengan Bahasa Arab, yaitu dalam surat Yusuf : 2, Ar-Ra’du : 37, An-Nahl : 103, Thaha : 113, Asy-Syuaro : 195, Az-Zumar : 28, Fushshilat : 3 & 44, Az-Zukhruf : 3, dan Al-Ahqof : 12

Al-Qur’an surat Az-Zukhruf ayat 3 menyebutkan : “Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam Bahasa Arab supaya kamu memahami(nya)”.

Bahasa Arab adalah bahasa yang unik. Allah menurunkan Al-Qur’an dengan Bahasa Arab tentu bukan tanpa alasan. Seandainya Al-Qur’an tidak diturunkan menggunakan Bahasa Arab, akan ada makna-makna yang tidak bisa dipahami dengan baik. Maka menjadi wajib hukumnya bagi orang Islam untuk belajar Bahasa Arab karena Bahasa Arab merupakan media untuk memahami isi kandungan Al-Qur’an.

Ulama Bahasa Arab klasik meneliti ribuan kata yang terdapat dalam Al-Qur’an yang selanjutnya dikenal dengan ilmu ihsha’ (statistik bahasa), dan mereka menemukan sesuatu yang sangat menakjubkan!

Al-Qur’an terbentuk dari ribuan kata yang proporsional. Diantaranya :
1. Jumlah bilangan kata dengan antonimnya. Al-Qur’an menyebutkan kata الحياة (kehidupan) dan kata الموت (kematian) sebanyak 145 kali, menyebutkan kata النفع (manfaat) dan kata الفساد (kerusakan) sebanyak 50 kali, menyebutkan kata الكفر (kekufuran) dan الإيمان (keimanan) sebanyak 17 kali, dll.

2. Jumlah bilangan kata dengan sinonimnya. Al-Qur’an menyebutkan kata الحرث (membajak sawah) dan kata الزراعة (bertani) sebanyak 14 kali, menyebutkan kata القران (Al-qur’an), الوحي (wahyu), dan kata الإسلام (Islam) sebanyak 70 kali, menyebutkan kata الجهـر (nyata) dan kata العلانية (nyata) sebanyak 16 kali, dll.

3. Jumlah bilangan kata dengan akibatnya. Al-Qur’an menyebutkan kata البخل (kekikiran) dan kata الخسرة (penyesalan) sebanyak 12 kali, menyebutkan kata الكافرون (orang-orang kafir) dan kata النار (neraka) sebanyak 154 kali, menyebutkan kata الفاحشة (kekejian) dan kata الغضب (murka) sebanyak 26 kali, dll.

Itulah sekelumit contoh kecil dari keindahan dan keistimewaan bahasa dan sastra dalam Al-Qur’an. Semoga Allah merahmati kita dengan Al-Qur’an. Aamiin.

Latifatul Aminah
Mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UNJ 2013

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *