Cara Nabi Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan khusus

SALIMUNJ.COM – Senin (23/3/2015) Kajian Islam Formasi Tarbawi D’SALIM membahas tentang bagaimana cara Rasulullah mendidik anak berkebutuhan khusus.

Menghadirkan pembicara Airel Tufliado Mudir Quran Institut UNJ 2012. Acara ini dihadiri puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan.

Bertempat di Musholla Fakultas Ilmu Pendidikan Airel menjelaskan bahwa Islam mensyaratkan kemudahan bagi penganutnya. Termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

“Kelebihan Islam dalam membahas fikih bagi orang yang berkebutuhan khusus yaitu ada kemudahan dalam menjalankan setiap kewajibannya. Seperti wudhu, bagi tuna netra dibolehkan tayamum. Dan seperti sholat bagi orang berkebutuhan khusus atau sakit bisa sholat dengan duduk atau bahka jika tidak mampu duduk dengan berbaring,” paparnya.

Menurutnya ada perbedaan pandangan Antara teori barat dan teori Islam menyangkut definisi orang berkebutuhan khusus.

“Berkebutuhan khusus bagi pandangan Amerika adanya perbedaan segi fisik dan mental. Sedangkan dalam Islam disabilitas bahwa perbedaan ini yang membuat ia tidak bisa beraktifitas seperti biasa,” jelasnya.

Ia menambahkan ada 4 cara Rasulullah dalam mendidik anak, yaitu:

Pertama, tidak pernah memarahi anak –  anak. Kedua, bersabar dalam menghadapi dan dalam mengajar. Ketiga, mengajar dengan cara yang menyenangkan. Terakhir dengan lebih dahulu mengajarkan (mencontohkan-red). (Anada Deviana/formasitarbawi/salimunj)

 

Redaktur: Suandri Ansah

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *